GALERI BERITA

Kotak Saran

Bagaimana Menurut Anda Pelayanan Kantor Camat STTU Jehe

Selamat Datang di Kecamatan Sitellu Tali Urang Jehe Kabupaten Pakpak Bharat. Temukan Informasi Terkini seputar Kecamatan Sitellu Tali Urang Jehe, Potensi Wilayah Kecamatan Sitellu Tali Urang Jehe dan Informasi Lainnya.

Search

Akibat bencana angin puting beliung yang menerjang beberapa Kecamatan di Kabupaten Pakpak Bharat pada tanggal 24 Februari yang lalu, mengakibatkan kerusakan disana-sini termasuk bibit-bibit gambir yang sudah siap tanam di Unit Pelayanan Teknis Daerah (UPTD) Perkebunan milik Pemkab Pakpak Bharat di Dusun Lae Mbara, Desa Perolihen Kecamatan Sitellu Tali Urang (STTU) Jehe. Agar mendapat gambaran yang lebih jelas tentang kerusakan yang terjadi Sekda Pakpak Bharat, Drs. Holler Sinamo, MM didampingi Asisten Administrasi dan Pembangunan Ir. Sustra Ginting, M.Si, Kabid Perkebunan Dinas Pertanian dan Perkebunan, Rahman Sitepu dan staf Juanda Tumangger meninjau lokasi tersebut pada hari Senin sore (12/3).
Terlihat dilokasi UPTD tersebut beberapa tempat naungan (paranet) bibit tersebut rusak dengan berbagai kondisi mulai dari rusak ringan yang hanya menerbangkan sebahagian atap naungan sampai yang parah berupa rubuhnya tempat naungan tersebut. Diperkirakan ada 5 ribu bibit dari 20 ribu bibit yang siap tanam tersebut menjadi rusak dan tidak bisa digunakan lagi akibat tertimpa puing-puing paranet yang hancur berantakan. Total paranet yang tidak bisa dipakai lagi dan harus dibuat yang baru sebanyak 10 unit. Terlihat juga disekitar lokasi UPTD tiang-tiang listrik ikut rubuh sehingga  dapat dibayangkan bagaimana dahsyatnya bencana yang terjadi. Syukurnya bibi tanaman lain yang merupakan produk dari UPTD seperti kelapa sawit dan kakao tidak mengalami kerusakan yang berarti.
Melihat kondisi tersebut, Sekda Pakpak Bharat menyarankan kepada pihak UPTD agar dilakukan penyelamatan bibit tersebut berupa pembuatan tempat naungan yang baru dengan segera dan memindahkan bibit yang diperkirakan masih layak. Sekda juga meminta agar dilakukan perawatan lebih intensif terhadap bibit tersebut demi menjaga mutu bibit akibat dampak dari angin puting beliung.
Selanjutnya Sekda beserta rombongan melanjutkan kunjungan ke salah satu pembibitan milik swasta yang juga bekerja sama dengan Dinas Pertanian dan Perkebunan Pemkab Pakpak Bharat untuk pembibitan gambir dalam rangka program sejuta gambir yaitu CV Mekar Sari milik Astondi Sitohang di jalan Lintas Sumatera Desa Perolihen Kecamatan STTU Jehe. Di sana mereka menyaksikan kesiapan pembibitan tersebut untuk mendukung program Pemkab Pakpak Bharat. Sebanyak 400.000 bibit yang merupakan bagian dari kerjasama terlihat sudah siap tanam. Selain itu sebanyak lebih kurang 1 juta bibit gambir yang digunakan untuk kepentingan komersil juga tersedia di lokasi seluas 5 hektar itu.
Selain bibit gambir, Astondi juga menyediakan berbagai bibit tanaman seperti kakao, mahoni, durian, petai, pinus serta karet. Artinya, selain bertujuan bisnis, beliau juga siap untuk mendukung program pertanian Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat. Sekda dan rombongan mengakhiri peninjauan ini dengan memberikan dukungan penuh kepada setiap kegiatan pertanian yang menjadi icon dari Kabupaten Pakpak Bharat.

0 Response to "SEKDA PAKPAK BHARAT MENINJAU PEMBIBITAN GAMBIR DI KECAMATAN STTU JEHE"

Posting Komentar